Keywords

maksimum 6 kata kunci, ditulis dalam bahasa Inggris, Times New Roman 10 poin tegak, 1 spasi

1. PENDAHULUAN

Isi pendahuluan hendaklah menampilkan latar belakang permasalahan, penelitian-penelitian lain yang terkait, kontribusi hasil penelitian dalam bidang terkait dan gambaran aplikasi dari penelitian yang dilakukan.

Makalah lengkap ditulis dalam bahasa Indonesia maksimum 6 halaman A4 dengan setting bolak balik. Standar huruf adalah Times New Roman. Ukuran margin adalah : margin luar 3 cm, margin atas, dalam dan bawah masing-masing 2,5 cm. Setiap halaman tidak diberi nomor halaman.

File petunjuk penulisan makalah ini disusun dalam format MSwordTM dan dapat digunakan langsung sebagai kerangka penulisan makalah. Pergunakan style (Menu pull-down :
Format
®Style) yang telah terdefinisi untuk mempercepat pemformatan penulisan.

2. SISTEMATIKA MAKALAH

Sistematika umum makalah adalah : PENDAHULUAN, BAHAN DAN METODA, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH, DAN KEPUSTAKAAN. Untuk jenis makalah khusus, seperti halnya tinjauan (survey) atau representasi formal permasalahan, sistematika makalah dapat disusun sesuai dengan kebutuhan.

3. FORMAT PENGIRIMAN MAKALAH

Makalah dikirimkan dalam format elektronik tanpa harus diiringi dengan format cetak ataupun disket ke PubScieAEIF@egroups.com. Format pengiriman makalah adalah MSWord (doc), PostScript (PS) atau Portable Document Format (PDF). Format PDF lebih diminati.

Untuk menghasilkan format PDF, program MSWordTM harus telah dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk merubah format DOC ke dalam PDF, namun fasilitas khusus tidak diperlukan untuk menghasilkan format PS.

Untuk menghasilkan format PS, gunakan perintah cetak ke dalam file (Print to file) yang akan menghasilkan file dengan format PRN. Ubahlah ekstensi PRN ke dalam ekstensi PS. Jangan lupa menset printer yang digunakan sehingga memiliki kualitas printer laser (bukan InkJet) dengan modus cetak bolak-balik. Misalnya artikel disimpan dalam file article.doc. Setelah menjalankan perintah cetak ke dalam bentuk file dengan menggunakan program MSWordTM akan dihasilkan file article.prn. Gunakan Windows Explorer atau perintah DOS untuk mengubah nama file menjadi article.ps.

Untuk menampilkan ekstensi dalam program Windows Explorer. Gunakan perintah dalam menu pull-down View®Folder_Option. Pilih lembar View dan non aktifkan pilihan Hide file extensions for known file types.

4. PETUNJUK DETAIL PENULISAN MAKALAH

4.1. Jenis, ukuran huruf dan format paragraf

4.1.1. Penulisan judul dan nama penulis

Judul ditulis dalam bahasa Inggris menggunakan huruf kapital dengan ukuran huruf 14 bercetak tebal (bold) dengan jarak 1 spasi. Di bawah judul adalah nama penulis dengan ukuran huruf 11 yang diikuti nama lembaga masing-masing dan/atau laboratorium dengan ukuran huruf 10 cetak miring dengan jarak spasi 1. Jarak antara judul dengan nama penulis adalah 18 poin dan antara nama penulis dengan lembaga penulis adalah 6 poin.

Lembaga masing-masing penulis adalah lembaga asal penulis tempat yang bersangkutan terdaftar sebagai karyawan sedang laboratorium adalah lembaga tempat yang bersangkutan melakukan penelitian.

4.1.2. Penulisan abstract dan keywords

Nama bagian abstract dan keywords ditulis dalam ukuran 12 poin tebal. Huruf kapital digunakan hanya pada huruf pertama nama bagian. Jarak antara nama bagian abstract dan keywords dengan bagian sebelumnya adalah 18 poin sedang dengan isi bagian tersebut adalah 0 poin. Isi abstract maupun keywords ditulis dalam huruf Times New Roman 10 poin.

Abstrak ditulis dalam dua bahasa : Inggris dan Perancis. Antara keduanya diberi jarak 1 spasi. Abstrak dalam bahasa Prancis ditulis dengan huruf miring.

4.1.3. Isi makalah

Isi makalah ditulis dalam bahasa indonesia. Penulisan judul nama bagian, subbagian dan subsubbagian diberi nomor urut. Judul nama bagian makalah ditulis dalam huruf kapital 1 spasi dengan ukuran 12 poin tebal. Jarak antara judul nama bagian dengan bagian sebelumnya adalah 18 poin dan dengan isi adalah 6 poin. Isi makalah ditulis dalam ukuran 11 poin 1 spasi dengan inden 2,5 cm. Antar paragraf diberi jarak tambahan 3 poin. Baris pertama pada paragraf pertama tiap bagian tidak diberi inden.

Aturan penulisan dan pengejaan hendaknya disesuaikan dengan EYD.

4.2. Tabel, diagram, gambar dan formulasi matematik atau kimia

Tabel, diagram atau gambar sudah menyatu dalam teks. Ukuran maksimum gambar hendaknya tidak melebihi 15 x 15 cm. Jika dalam makalah terdapat gambar berupa foto, hendaknya kualitas foto yang digunakan cukup baik sehingga jelas terlihat.

Formulasi matematik atau kimia harus ditulis secara jelas dan diberi nomor pada bagian kanan serta diberi jarak 6 poin dari baris sebelum dan sesudahnya. Tabel-tabel dan gambar-gambar haruslah diberi nomor secara berurutan sesuai dengan urutan pemunculannya. Setiap gambar dan tabel diberi judul/penjelasan singkat yang diletakkan diatas untuk tabel dan diletakkan dibawah untuk gambar. Penjelasan tabel dan gambar dituliskan di tengah-tengah tabel atau gambar dalam huruf Times New Roman 10 poin tegak dengan jarak spasi 1.

Misal akan ditampilkan 4 titik dua dimensi yang memenuhi persamaan berikut :

Tabel 1 menampilkan 4 pasang harga x dan y. Representasi grafis dari keempat titik tersebut dapat dilihat dalam gambar 1.

4.3. Kepustakaan dan kutipan

Kepustakaan (Sistem Nomor, disusun alphabetis) dalam teks ditulis dalam format nomor dalam kurung kurawal. Format penulisan kepustakaan untuk jurnal, buku, prosiding dan tesis masing-masing dapat dilihat di bagian Kepustakaan petunjuk penulisan ini. Kepustakaan ditulis dalam huruf Times New Roman 10 poin dengan jarak spasi 1.












Ada dua cara pengutipan yang dapat digunakan :

· Pengutipan langsung seperti dalam kalimat berikut yang mencontohkan pengutipan dari sebuah buku (lihat bagian kepustakaan). Menurut Brockwell et al.[1], metode Monte Carlo melalui rantai markov dapat ...

· Pengutipan tak langsung seperti dicontohkan dalam kalimat berikut. Beberapa peneliti memberikan kesimpulan yang sama [2, 3, 4]. Dalam kalimat tersebut, sumber yang digunakan berturut-turut adalah jurnal untuk kutipan pertama, tesis untuk kitipan kedua dan prosiding untuk kutipan ketiga.

5. KEPUSTAKAAN

kepustakaan merupakan suatu halaman yang menyimpan data mengenai pemilik dari suatu bacaan,(orang yang telah mengarang). cara penulisannya dibalikan, maksudnya nama belakang di tulis terlebih dahulu. format tulisannya

Nama belakang, Nama depan, Tahun pembuatan bacaan, Penerbit, Daerah penerbit.

berikut merupakan sebagian contoh dalam pembuatan daftar pustaka :

[1] Brockwell, P.J. and R.A. Davis (1993) Time Series : Theory and Methods, Springer-Verlag.

[2] Green, P.J. (1995) “Reversible jump Markov chain Monte Carlo computation and Bayesian model determination”, Biometrika, 82(4), 711-732.

[3] Rasmussen, C.E. (1986) Evaluation of Gaussian Processes and other Methods for Non-Linear Regression, Ph.D. Thesis, University of Toronto, Departement of Computer Sciences.

[4] Rosenblatt, .M (1961) Statistic and Probability, Proc. 4th. Berkeley Symp. Math. Stat. Probab., Berkeley , 411 – 443.

ya.. begitu llah yang saya ketahui, mudah-mudahan ada menfaatnya untuk anda, dan maaf jika dalam penulisan terdapat kekurangan. dan terimakasih atas kunjungan anda ke blog saya ini..

salam penulis


zamal maulana sidiq


karya : noe abdee Labels:

1 kritik dan saran:

Anonim mengatakan...

tq ats infonya ...

Sabtu, 02 Oktober, 2010  

Posting Komentar

jam